PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2017/2018


MATA PELAJARAN : IPA
KELAS / SEMESTER : III (Tiga) / 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber energi

ENERGI DAN PERUBAHANNYA

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
AW
Januari
Pebruari
Maret
April
Mei
Juni
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
4.1. Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dapat dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran  
Siswa dapat menjelaskan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
Siswa dapat melakukan percobaan gerak benda dengan benda atau media lainnya
Siswa dapat menyimpulkan hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
Bentuk dan ukuran benda
6 JP




























4.2. endeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menyebutkan macam-macam energi
Siswa dapat menyebutkan kegunaan energi dalam kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menjelaskan kegunaan energi panas dalam kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menjelaskan pengaruh energi gerak dalam kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menjelaskan pengaruh getaran dalam kehidupan sehari-hari
Pengaruh energi panas
6 JP




























4.3. engidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
Siswa dapat  menyebutkan sumber energi panas
Siswa dapat menyebutkan sumber energi cahaya
Siswa dapat menyebutkan sumber energi gerak
Siswa dapat menyebutkan sumber energi bunyi
Siswa dapat menyebutkan energi kimia
Siswa dapat menjelaskan kegunaan dari sumber-sumber energi
Sumber energi dan kegunaan-nya
6 JP




























Uji Kompetensi
2 JP




























Remedial
2 JP




























Pengayaan
2 JP





























Mengetahui, Bandung, 29 Mei 2018.
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


Erly Savitri, S.Pd. Nizar Mauludin
NIP. NIP.


PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MATA PELAJARAN : IPA
KELAS / SEMESTER : III (Tiga) / 2 (dua)
Standar Kompetensi : 5.  Menerapkan konsep energi gerak

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
AW
Januari
Pebruari
Maret
April
Mei
Juni
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
5.1. Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
Siswa dapat membuat kincir angin
Siswa dapat membuktikan bahwa energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
Siswa dapat membuat kesimpulan tentang perubahan energi angin menjadi energi gerak
Perubahan energi angin menjadi energi gerak
10 JP




























5.2 Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menjelaskan dampak yang terjadi akibat pemakaian sumber energi yang dilakukan terus menerus
Siswa dapat menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
Cara menghemat energi
4 JP




























Uji Kompetensi
2 JP




























Remedial
2 JP




























Pengayaan
2 JP





























Mengetahui, Bandung, 29 Mei 2018.
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


Erly Savitri, S.Pd. Nizar Mauludin
NIP. NIP.


PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MATA PELAJARAN : IPA
KELAS / SEMESTER : III (Tiga) / 2 (dua)
Standar Kompetensi : 6. Memahami kenampakan permukaan bumi cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan            melestarikan alam
BUMI DAN ALAM SEMESTA
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
AW
Januari
Pebruari
Maret
April
Mei
Juni
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6.1. endeksipsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar
Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk permukaan bumi yang meliputi daratan dan lautan
Siswa dapat menjelaskan bahwa bumi itu bulat melalui pengamatan secara langsung dan tidak langsung
Siswa dapat menjelaskan bahwa bumi itu bulat melalui praktek simulasi menggunakan globe
Kenampakan permukaan bumi
8 JP




























6.2. Menjelaskan hubungan antara keadaan alam dan cuaca
Siswa dapat mendefinisikan pengertian cuaca
Siswa dapat menyebutkan keadaan-keadaan cuaca
Siswa dapat menjelaskan hubungan antara keadaan alam dan cuaca
Keadaan alam dan cuaca
6 JP




























6.3. endeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia
Siswa dapat menjelaskan pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia
Pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia
6 JP




























6.4. engidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
Siswa dapat melakukan pengelompokan SDA di lingkungan sekitar
Siswa dapat menyebutkan pemanfaatan SDA bagi manusia
Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang merusak SDA
Siswa dapat menyebutkan dampak dari perusakan SDA bagi lingkungan
Siswa dapat menjelaskan cara-cara memelihara SDA
Siswa dapat menjelaskan cara-cara melestarikan SDA
Cara memelihara dan melestarikan alam dan lingkungan kita
6 JP




























Uji Kompetensi
2 JP




























Remedial
2 JP




























Pengayaan
2 JP




























Uji Kompetensi Akhir
2 JP





























Mengetahui, Bandung, 29 Mei 2018.
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


Erly Savitri, S.Pd. Nizar Mauludin
NIP. NIP.


MATRIK HUBUNGAN KOMPETENSI DENGAN TEMA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MATA PELAJARAN : IPA
KELAS / SEMESTER : III (Tiga) / 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber energi

ENERGI DAN PERUBAHANNYA

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Temp. Umum
Komuni-kasi
Peristiwa Alam
Rekreasi
Transportasi
Hewan dan Tumbuhan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
4.1. Menyimpulkan hasil pengamantan bahwa gerak benda dapat dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran  
Siswa dapat menjelaskan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
Siswa dapat melakukan percobaan gerak benda dengan benda atau media lainnya
Siswa dapat menyimpulkan hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
Bentuk dan ukuran benda
















4.2. endeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menyebutkan macam-macam energi
Siswa dapat menyebutkan kegunaan energi dalam kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menjelaskan kegunaan energi panas dalam kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menjelaskan pengaruh energi gerak dalam kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menjelaskan pengaruh getaran dalam kehidupan sehari-hari
Pengaruh energi panas
















4.3.Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
Siswa dapat  menyebutkan sumber energi panas
Siswa dapat menyebutkan sumber energi cahaya
Siswa dapat menyebutkan sumber energi gerak
Siswa dapat menyebutkan sumber energi bunyi
Siswa dapat menyebutkan energi kimia
Siswa dapat menjelaskan kegunaan dari sumber-sumber energi
Sumber energi dan kegunaan-nya

















Mengetahui, Bandung, 29 Mei 2018.
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


Erly Savitri, S.Pd. Nizar Mauludin
NIP. NIP.


MATRIK HUBUNGAN KOMPETENSI DENGAN TEMA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS / SEMESTER : III (Tiga) / 2 (dua)
Standar Kompetensi : 5.  Menerapkan konsep energi gerak

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Temp. Umum
Komuni-kasi
Peristiwa Alam
Rekreasi
Transportasi
Hewan dan Tumbuhan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
5.1. Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
Siswa dapat membuat kincir angin
Siswa dapat membuktikan bahwa energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
Siswa dapat membuat kesimpulan tentang perubahan energi angin menjadi energi gerak
Perubahan energi angin menjadi energi gerak
















5.2 Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menjelaskan dampak yang terjadi akibat pemakaian sumber energi yang dilakukan terus menerus
Siswa dapat menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
Cara menghemat energi

















Mengetahui, Bandung, 29 Mei 2018.
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

Erly Savitri, S.Pd. Nizar Mauludin
NIP. NIP.

MATRIK HUBUNGAN KOMPETENSI DENGAN TEMA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MATA PELAJARAN : IPA
KELAS / SEMESTER : III (Tiga) / 2 (dua)
Standar Kompetensi : 6. Memahami kenampakan permukaan bumi cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan            melestarikan alam

BUMI DAN ALAM SEMESTA

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Temp. Umum
Komuni-kasi
Peristiwa Alam
Rekreasi
Transportasi
Hewan dan Tumbuhan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
6.1. Mendeksipsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar
Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk permukaan bumi yang meliputi daratan dan lautan
Siswa dapat menjelaskan bahwa bumi itu bulat melalui pengamatan secara langsung dan tidak langsung
Siswa dapat menjelaskan bahwa bumi itu bulat melalui praktek simulasi menggunakan globe
Kenampakan permukaan bumi
















6.2. Menjelaskan hubungan antara keadaan alam dan cuaca
Siswa dapat mendefinisikan pengertian cuaca
Siswa dapat menyebutkan keadaan-keadaan cuaca
Siswa dapat menjelaskan hubungan antara keadaan alam dan cuaca
Keadaan alam dan cuara
















6.3.Mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia
Siswa dapat menjelaskan pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia
Pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia
















6.4.Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
Siswa dapat melakukan pengelompokan SDA di lingkungan sekitar
Siswa dapat menyebutkan pemanfaatan SDA bagi manusia
Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang merusak SDA
Siswa dapat menyebutkan dampak dari perusakan SDA bagi lingkungan
Siswa dapat menjelaskan cara-cara memelihara SDA
Siswa dapat menjelaskan cara-cara melestarikan SDA
Cara memelihara dan melestarikan alam dan lingkungan kita

















Mengetahui, Bandung, 29 Mei 2018.
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


Erly Savitri, S.Pd. Nizar Mauludin
NIP. NIP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar