PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS / SEMESTER : III (Tiga) / 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber energi
ENERGI DAN PERUBAHANNYA
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
AW
|
Januari
|
Pebruari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
| ||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||
4.1. Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dapat dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
|
- Siswa dapat menjelaskan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
- Siswa dapat melakukan percobaan gerak benda dengan benda atau media lainnya
- Siswa dapat menyimpulkan hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
|
Bentuk dan ukuran benda
|
6 JP
| ||||||||||||||||||||||||||||
4.2. endeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari
|
- Siswa dapat menyebutkan macam-macam energi
- Siswa dapat menyebutkan kegunaan energi dalam kehidupan sehari-hari
- Siswa dapat menjelaskan kegunaan energi panas dalam kehidupan sehari-hari
- Siswa dapat menjelaskan pengaruh energi gerak dalam kehidupan sehari-hari
- Siswa dapat menjelaskan pengaruh getaran dalam kehidupan sehari-hari
|
Pengaruh energi panas
|
6 JP
| ||||||||||||||||||||||||||||
4.3. engidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
|
- Siswa dapat menyebutkan sumber energi panas
- Siswa dapat menyebutkan sumber energi cahaya
- Siswa dapat menyebutkan sumber energi gerak
- Siswa dapat menyebutkan sumber energi bunyi
- Siswa dapat menyebutkan energi kimia
- Siswa dapat menjelaskan kegunaan dari sumber-sumber energi
|
Sumber energi dan kegunaan-nya
|
6 JP
| ||||||||||||||||||||||||||||
Uji Kompetensi
|
2 JP
| ||||||||||||||||||||||||||||||
Remedial
|
2 JP
| ||||||||||||||||||||||||||||||
Pengayaan
|
2 JP
|
Mengetahui, Bandung, 29 Mei 2018.
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Erly Savitri, S.Pd. Nizar Mauludin
NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS / SEMESTER : III (Tiga) / 2 (dua)
Standar Kompetensi : 5. Menerapkan konsep energi gerak
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
AW
|
Januari
|
Pebruari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
| ||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||
5.1. Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
|
- Siswa dapat membuat kincir angin
- Siswa dapat membuktikan bahwa energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
- Siswa dapat membuat kesimpulan tentang perubahan energi angin menjadi energi gerak
|
Perubahan energi angin menjadi energi gerak
|
10 JP
| ||||||||||||||||||||||||||||
5.2 Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
|
- Siswa dapat menjelaskan dampak yang terjadi akibat pemakaian sumber energi yang dilakukan terus menerus
- Siswa dapat menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
|
Cara menghemat energi
|
4 JP
| ||||||||||||||||||||||||||||
Uji Kompetensi
|
2 JP
| ||||||||||||||||||||||||||||||
Remedial
|
2 JP
| ||||||||||||||||||||||||||||||
Pengayaan
|
2 JP
|
Mengetahui, Bandung, 29 Mei 2018.
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Erly Savitri, S.Pd. Nizar Mauludin
NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS / SEMESTER : III (Tiga) / 2 (dua)
Standar Kompetensi : 6. Memahami kenampakan permukaan bumi cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam
BUMI DAN ALAM SEMESTA
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
AW
|
Januari
|
Pebruari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
| ||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||
6.1. endeksipsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar
|
- Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk permukaan bumi yang meliputi daratan dan lautan
- Siswa dapat menjelaskan bahwa bumi itu bulat melalui pengamatan secara langsung dan tidak langsung
- Siswa dapat menjelaskan bahwa bumi itu bulat melalui praktek simulasi menggunakan globe
|
Kenampakan permukaan bumi
|
8 JP
| ||||||||||||||||||||||||||||
6.2. Menjelaskan hubungan antara keadaan alam dan cuaca
|
- Siswa dapat mendefinisikan pengertian cuaca
- Siswa dapat menyebutkan keadaan-keadaan cuaca
- Siswa dapat menjelaskan hubungan antara keadaan alam dan cuaca
|
Keadaan alam dan cuaca
|
6 JP
| ||||||||||||||||||||||||||||
6.3. endeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia
|
- Siswa dapat menjelaskan pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia
|
Pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia
|
6 JP
| ||||||||||||||||||||||||||||
6.4. engidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
|
- Siswa dapat melakukan pengelompokan SDA di lingkungan sekitar
- Siswa dapat menyebutkan pemanfaatan SDA bagi manusia
- Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang merusak SDA
- Siswa dapat menyebutkan dampak dari perusakan SDA bagi lingkungan
- Siswa dapat menjelaskan cara-cara memelihara SDA
- Siswa dapat menjelaskan cara-cara melestarikan SDA
|
Cara memelihara dan melestarikan alam dan lingkungan kita
|
6 JP
| ||||||||||||||||||||||||||||
Uji Kompetensi
|
2 JP
| ||||||||||||||||||||||||||||||
Remedial
|
2 JP
| ||||||||||||||||||||||||||||||
Pengayaan
|
2 JP
| ||||||||||||||||||||||||||||||
Uji Kompetensi Akhir
|
2 JP
|
Mengetahui, Bandung, 29 Mei 2018.
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Erly Savitri, S.Pd. Nizar Mauludin
NIP. NIP.
MATRIK HUBUNGAN KOMPETENSI DENGAN TEMA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS / SEMESTER : III (Tiga) / 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber energi
ENERGI DAN PERUBAHANNYA
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Temp. Umum
|
Komuni-kasi
|
Peristiwa Alam
|
Rekreasi
|
Transportasi
|
Hewan dan Tumbuhan
| ||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
| |||
4.1. Menyimpulkan hasil pengamantan bahwa gerak benda dapat dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
|
- Siswa dapat menjelaskan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
- Siswa dapat melakukan percobaan gerak benda dengan benda atau media lainnya
- Siswa dapat menyimpulkan hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
|
Bentuk dan ukuran benda
| ||||||||||||||||
4.2. endeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari
|
- Siswa dapat menyebutkan macam-macam energi
- Siswa dapat menyebutkan kegunaan energi dalam kehidupan sehari-hari
- Siswa dapat menjelaskan kegunaan energi panas dalam kehidupan sehari-hari
- Siswa dapat menjelaskan pengaruh energi gerak dalam kehidupan sehari-hari
- Siswa dapat menjelaskan pengaruh getaran dalam kehidupan sehari-hari
|
Pengaruh energi panas
| ||||||||||||||||
4.3.Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
|
- Siswa dapat menyebutkan sumber energi panas
- Siswa dapat menyebutkan sumber energi cahaya
- Siswa dapat menyebutkan sumber energi gerak
- Siswa dapat menyebutkan sumber energi bunyi
- Siswa dapat menyebutkan energi kimia
- Siswa dapat menjelaskan kegunaan dari sumber-sumber energi
|
Sumber energi dan kegunaan-nya
|
Mengetahui, Bandung, 29 Mei 2018.
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Erly Savitri, S.Pd. Nizar Mauludin
NIP. NIP.
MATRIK HUBUNGAN KOMPETENSI DENGAN TEMA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS / SEMESTER : III (Tiga) / 2 (dua)
Standar Kompetensi : 5. Menerapkan konsep energi gerak
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Temp. Umum
|
Komuni-kasi
|
Peristiwa Alam
|
Rekreasi
|
Transportasi
|
Hewan dan Tumbuhan
| ||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
| |||
5.1. Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
|
- Siswa dapat membuat kincir angin
- Siswa dapat membuktikan bahwa energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
- Siswa dapat membuat kesimpulan tentang perubahan energi angin menjadi energi gerak
|
Perubahan energi angin menjadi energi gerak
| ||||||||||||||||
5.2 Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
|
- Siswa dapat menjelaskan dampak yang terjadi akibat pemakaian sumber energi yang dilakukan terus menerus
- Siswa dapat menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
|
Cara menghemat energi
|
Mengetahui, Bandung, 29 Mei 2018.
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Erly Savitri, S.Pd. Nizar Mauludin
NIP. NIP.
MATRIK HUBUNGAN KOMPETENSI DENGAN TEMA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS / SEMESTER : III (Tiga) / 2 (dua)
Standar Kompetensi : 6. Memahami kenampakan permukaan bumi cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam
BUMI DAN ALAM SEMESTA
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Temp. Umum
|
Komuni-kasi
|
Peristiwa Alam
|
Rekreasi
|
Transportasi
|
Hewan dan Tumbuhan
| ||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
| |||
6.1. Mendeksipsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar
|
- Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk permukaan bumi yang meliputi daratan dan lautan
- Siswa dapat menjelaskan bahwa bumi itu bulat melalui pengamatan secara langsung dan tidak langsung
- Siswa dapat menjelaskan bahwa bumi itu bulat melalui praktek simulasi menggunakan globe
|
Kenampakan permukaan bumi
| ||||||||||||||||
6.2. Menjelaskan hubungan antara keadaan alam dan cuaca
|
- Siswa dapat mendefinisikan pengertian cuaca
- Siswa dapat menyebutkan keadaan-keadaan cuaca
- Siswa dapat menjelaskan hubungan antara keadaan alam dan cuaca
|
Keadaan alam dan cuara
| ||||||||||||||||
6.3.Mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia
|
- Siswa dapat menjelaskan pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia
|
Pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia
| ||||||||||||||||
6.4.Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
|
- Siswa dapat melakukan pengelompokan SDA di lingkungan sekitar
- Siswa dapat menyebutkan pemanfaatan SDA bagi manusia
- Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang merusak SDA
- Siswa dapat menyebutkan dampak dari perusakan SDA bagi lingkungan
- Siswa dapat menjelaskan cara-cara memelihara SDA
- Siswa dapat menjelaskan cara-cara melestarikan SDA
|
Cara memelihara dan melestarikan alam dan lingkungan kita
|
Mengetahui, Bandung, 29 Mei 2018.
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Erly Savitri, S.Pd. Nizar Mauludin
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar